Definisi optimisasi seo on page dan optimisasi seo off page

Kita dapat menggunakan beberapa cara dalam usaha mengembangkan bisnis online agar usaha kita semakin dikenal di dunia internet. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media berbayar seperti menggunakan jasa iklan berbayar. Selain cara tersebut, kita dapat pula memanfaatkan media lain yang tidak berbayar namun hasilnya dapat lebih dahsyat jika dilakukan dengan maksimal. Apakah media tersebut? Ya, dengan melakukan SEO (Search Engine Optimization). Dalam dunia per-SEO-an, ada 2 fokus kerja utama yang harus dilakukan, yaitu optimisasi SEO On Page dan SEO Off Page.

Langsung saja dibahas satu per satu yuk...

SEO On Page
Yang dimaksud Optimisasi SEO On Page kurang lebih yaitu optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan, misalnya seperti :

Pilih tempalte yang SEO friendly. Design template blog dapat memiliki keunggulan dan kelemahan. Misalnya, ada template yang tampilannya menarik dan indah, namun dari segi SEO bisa saja lemah. Ataupun sebaliknya. Oleh karena itu sebaiknya pilih template blog yang SEO friendly. Saat ini ada banyak template blog gratisan dengan tampilan premium namun telah disisipi hack SEO sehingga menjadi SEO friendly.

Pasang Meta Tags. Ada banyak jenis meta tag yang sering digunakan. Antara lain meta description. Penggunaan meta description yang tepat dapat menambah kekuatan SEO blog di search engine. Meta description berfungsi memuat informasi yang mendeskripsikan halaman blog anda. Meta description muncul pada snippet deskripsi di hasil pencarian google. Selain meta description, ada pula meta keyword, meta author, dll.

Pasang keyword pada title/judul blog. Judul adalah tempat yang sangat tepat untuk memasang keyword. Title/judul blog menggambarkan keseluruhan dari isi blog anda. Nah sebagian kunjungan yang terjadi datang dari pembaca yang tertarik akan judul blog yang anda pasang. Oleh karena itu maksimalkan penggunaan keyword yang ditargetkan pada title/judul blog.

Letakan judul postingan didepan judul blog. Coba anda lihat tab browser anda di atas. Apakah judul postingan sudah berada didepan, kemudian disusul dengan nama blog anda? Begitu pula tampilan dalam query search engine. Biasanya, pada template yang belum di isi hack, nama blog berada didepan judul postingan. Pada hasil pencarian search engine hal ini dapat berakibat kurang baik, karena dapat memotong judul postingan dibagian belakang. Pengunjung pun jadi tidak bisa membaca judul postingan anda secara keseluruhan, terlebih jika judul postingannya panjang.

Maksimalkan keyword yang padat didalam postingan blog. Bukan berarti anda lalu memasang keyword sebanyak-banyaknya lho, karena hal tersebut malah dapat dianggap sebagai tindakan spam oleh search engine. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengatur letak posisi keyword serta memilih keyword dan frase yang tepat.

Percepat waktu loading blog anda. Jika waktu loading blog anda cepat, bukan hanya pengunjung anda saja yang senang, tapi spider crawl google juga senang. Pengunjung senang karena mereka tidak perlu berlama-lama untuk segera membaca artikel-artikel anda, apalagi bagi yang koneksinya lemot. Sedang google spider juga senang, karena saat crawling waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan informasi menjadi lebih cepat. Efeknya artikel anda jadi lebih cepat terindex. Hindari penggunaan javascript (biasanya pada widget) dan pemasangan gambar-gambar secara berlebihan agar waktu loading blog anda dapat menjadi lebih cepat.

SEO Off Page
Yang dimaksud Optimisasi SEO Off Page merupakan kebalikan dari Optimisasi SEO On Page, yaitu optimisasi yang dilakukan dari luar situs web anda. Yang perlu anda lakukan yaitu fokus membangun backlink. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah ke situs web anda). Semakin bermutu link yang mengarah ke web site anda, maka semakin baik pula reputasi web site anda dimata search engine. Melakukan link building dapat dilakukan dengan banyak cara, diantaranya dengan membuat reciprocal link baik dengan derektori/social bookmark ataupun bertukar link dengan blog/website lain, mendaftarkan blog dan artikel ke social bookmark/direktori, dan berkomentar di blog/website lain dengan meninggalkan link di form komentator. Tapi komentarnya yang bermutu dan sesuai dengan konten ya.

Selain beberapa cara mendapatkan backlink tersebut, ada satu lagi cara mendapatkan backlink berkualitas dengan mudah. Dijamin mudah dan berkualitas. Penasaran? Baca dulu ulasannya pada artikel Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk SEO Dengan Mudah.

Itulah beberapa hal pokok secara garis besar mengenai On-page dan Off-page untuk SEO. Untuk penjelasan lebih detil, akan saya bahas pada artikel-artikel selanjutnya. Mari mengenal SEO lebih dalam lagi guna menunjang bisnis online kita!

0 comments so far,add yours