Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Di dalam dunia bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline, mendapatkan kepercayaan dari konsumen merupakan hal yang sangat penting. Rasa percaya yang diberikan konsumen kepada anda tentu sangat berpengaruh terhadap hasil yang anda peroleh. Oleh karena itu membangun dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen anda adalah hal yang sangat perlu untuk diusahakan. Lalu bagaimana cara mendapatkan kepercayaan konsumen?

Sebagian besar konsumen memberikan kepercayaan kepada anda karena mereka melihat sikap anda. Bagaimana tindakan dan cara kerja anda, lalu seberapa profesional anda dalam memecahkan masalah mereka dengan produk yang anda miliki. Itu semua tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi para konsumen anda. Namun ada satu hal penting yang jangan dilupakan. Apa itu? Bukti. Ya, tunjukan bukti kepada para calon konsumen anda agar mereka lebih yakin dan percaya.

Mungkin pekerjaan anda akan menjadi lebih berat apabila anda memberikan penjelasan panjang lebar, tanpa disertai dengan bukti-bukti yang menguatkan. Mereka akan sulit untuk yakin dan mempercayai anda. Seakan ada sebuah tembok besar yang menghalangi hati mereka untuk mempercayai anda. Lalu bagaimana? Cobalah untuk merobohkan tembok penghalang di hati konsumen anda dengan menerapkan tips-tips berikut...

Cara mendapatkan kepercayaan konsumen

Mendapat Kepercayaan Konsumen
Tunjukan Kredibilitas Anda. Secara umum, kredibilitas dapat diartikan sebagai kualitas diri untuk dapat dipercaya. Tunjukanlah sikap yang memang menunjukan anda pantas mendapatkan kepercayaan dari konsumen anda. Mulai dari cara anda memperlakukan mereka, misal anda selalu tepat janji, baik saat membuat janji temu, atau saat mengantarkan produk ke konsumen anda. Kuasailah pengetahuan mengenai produk anda dengan baik, dan gunakan pengetahuan tersebut untuk membantu konsumen anda dalam memecahkan masalah mereka. Rekomendasikan produk anda untuk membantu mereka secara tulus.

Pastikan Produk Anda Berkualitas. Jangan mencoba untuk membohongi konsumen anda dalam hal kualitas. Carilah produk yang berkualitas, karena kepuasan pelanggan adalah tanggung jawab anda. Jangan pernah membuat konsumen anda kecewa dengan memberikan produk dengan kualitas rendah. Jika mereka kecewa, kepercayaan mereka kepada anda akan pudar. Jika anda telah memiliki produk yang berkualitas, tugas anda akan menjadi sedikit lebih ringan. Anda hanya cukup meyakinkan mereka, dan kualitas produk yang nantinya akan berbicara.

Berikan Bukti Nyata. Berikan bukti jika produk anda memang berhasil. Jika anda pelaku MLM, maka tentu anda memiliki 2 produk. Produk anda dan juga peluang bisnis yang anda tawarkan. Tunjukan bukti jika produk anda bermanfaat. Anda dapat memperlihatkan testimoni-testimoni mereka yang telah memakai produk anda. Begitu juga dengan tawaran bisnisnya. Anda dapat tunjukan ada berapa banyak orang yang telah berhasil menjalan tawaran bisnis anda, siapa saja mereka, berasal dari latar belakang apa saja. Anda juga perlu transparan dengan penghasilan yang telah anda dapat dari bisnis yang anda tawarkan tersebut.

Biarkan Prospek Menguji Anda. Terkadang tentu anda menjumpai prospek yang banyak melontarkan pertanyaan kepada anda. Bersabarlah. Biarkan mereka menguji kemampuan anda. Ingat, semakin banyak ujian yang anda hadapi, tentu akan membuat anda menjadi semakin ahli. Dan yang terpenting ketika prospek anda selesai memberikan ujian kepada anda, biasanya mereka sungguh percaya kepada anda. Seiring berjalannya waktu, mungkin anda juga akan mendapatkan komplain dari pelanggan anda. Tunjukan sikap profesional dan segera selesaikan masalah tersebut.

Bangun Komunikasi Yang Baik. Lancarnya proses komunikasi anda dan calon konsumen berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Nah dalam bisnis online kita dapat mulai membangun komunikasi dengan menggunakan blog. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menyapa para pengguna internet dengan memberikan artikel yang bermanfaat. Selain itu turut aktif berkomentar, blogwalking, dan trackback juga dapat dilakukan untuk memperlancar komunikasi bisnis anda dengan calon konsumen.

Itulah kelima cara yang mungkin sudah sering anda dengar. Tapi coba ingat kembali, apakah anda sudah mencoba untuk mempraktekannya langsung? Coba baca kembali, pahami dan segera praktekkan dan lihatlah hasilnya. Saya yakin ada pengaruh positif jika kelima cara diatas dilakukan dengan sungguh-sungguh. Apakah anda memiliki pengalaman tersendiri tentang bagaimana cara memperoleh kepercayaan dari konsumen? Mari berbagi disini, agar saya dan rekan-rekan yang lain juga dapat bisa belajar dari anda mengenai membangun kepercayaan konsumen.

0 comments so far,add yours